Minggu, 30 Oktober 2016

Pesona Alam Indramayu Kota Budaya

Indramayu kota budaya
Bali dan Lombok mungkin menjadi sebuah tujuan mainstream para wisatawan lokal maupun mancanegara sebab dua daerah ini memang menjadi andalan pariwisata di Indonesia dengan segala pesona alam dan tradisi budayanya. Eitssssss jangan salah sebab sebenarnya negeri kita punya segudang tempat lain yang tak kalah seru dan menawan, salah satunya adalah Indramayu.

Indramayu sebagai tujuan wisata alam maupun budaya mungkin masih terkesan asing di telinga beberapa orang. Anda mungkin menyerngitkan alis ketika mendengar Indramayu sebagai sebuah tujuan pariwisata, namun sebaiknya segera hilangkan hal tersebut sebab kota dengan moto REMAJA (Religius, Maju, Mandiri, dan Sejahtera) ini memiliki berjuta pesona yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.
• Selayang Pandang Kabupaten Indramayu
Indramayu merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa barat, Indonesia. Meski daerah ini menempatkan Indramayu sebagai pusat pemerintahan, namun sebenarnya titik keramaian daerah terletak di Kecamatan Jatibarang yang merupakan pusat pasar dan Kecamatan haurgeulis yang dilalui jalur Kereta Api. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian utara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di Selatan, kabupaten Cirebon di Tenggara, dan Kabupaten Subang di sebelah barat.
Sejarah keberadaan Kabupaten Indramayu sendiri telah ada sejak ratusan tahun silam yang tertera pada benda purbakala serta legenda dan tradisi yang dijunjung tinggi masyarakat setempat. Babad Dermayu sebagai salah satu peninggalan masa lampau menyebutkan bahwa penghuni pertama di Indramayu adalah Raden Aria Wiralodra dari Begelen, Jawa Tengah, yang merupakan putra Tumengung Gagak Singaledra. 

Tim Panitia Peneliti Sejarah Kabupaten Indramayu kemudian menetapkan tanggal 7 Oktober 1527 M sebagai hari lahir Indramayu. Keputusan ini memiliki kekuatan hukum tetap setelah disahkan pada siding Pleno DPRD Kabupaten Tingkat II Indramayu pada 24 Juni 1977, yang kemudian masuk dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Daerah Tingkat II Indramayu Nomor 02 Tahun 1977 tentang Penetapan Hari Jadi Indramayu.
• Pesona Alam Indramayu
Indramayu sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah memiliki potensi wisata alam yang cukup potensial lho. Lokasi daerah yang berada di pesisir pantai membuat Indramayu menjadi tempat alternatif yang tepat bagi Anda yang ingin refreshing sejenak. Beberapa objek wisata alam yang patut Anda masukkan dalam daftar wajib-kunjung, antara lain:

a. Pulau Biawak
Pulau Biawak merupakan sebuah pulau yang masuk dalam kawasan Indramayu yang terkenal dengan wisata taman laut keren. Pulau ini berada sekitar 40 km di sebelah utara Kota Indramayu yang dapat dikunjungi menggunakan perahu milik nelayan setempat.

Anda dapat melihat warna-warni ikan hias sekaligus menikmati terumbu karang yang masih alami. Jangan lupa pula menikmati pasir putih yang dikelilingi hutan mangrove yang dihuni biawak dan berbagai ekosistem khas area pesisir. Pulau Biawak tak hanya menyediakan keindahan alam, namun juga wisata budaya dan sejarah. Anda dapat menikmati mercusuar kuno yang dibangun ZN. Willem pada tahun 1872 beserta bangunan kuno lainnya yang cukup spektakuler. 

b. Pantai
Lokasi Kabupaten Indramayu yang terletak di area pesisir membuat wisata pantai menjadi sesuatu yang tak boleh dilewatkan. Anda dapat pergi ke Pantai Eretan yang memiliki nilai sekjarah karena pernah menjadi tempat mendaratnya tentara Jepang di tahun 1942 atau ke Pantai Tirtamaya yang menjadi tempat tepat menikmati indahnya matahari tropis beserta semilir angin pantai.

c. Situ atau Danau
Indramayu juga menyediakan beragam wisata air dan pemandangan alami untuk Anda yang ingin melakukan relaksasi. Anda dapat pergi ke Situ Bojong Sari yang memiliki luas danau sekitar 6 ha lengkap dengan berbagai sarana wisata, seperti sepeda air hingga waterboom. Anda yang menginginkan suasana nyaman dapat langsung menuju Sito Bolang di desa Jatisura atau Situ Brahim yang ada di Kecamatan Sindang. 

d. Koloni Kera Banjar
Indramayu menawarkan wisata observasi habitat kera Banjar di desa Bulak yang terletak sekitar 17 km dari Indramayu. Tempat ini cukup unik karena memiliki sebuah koloni kera yang dari zaman dahulu hingga saat ini berjumlah 41 ekor.

Beberapa objek wisata tersebut tentunya menjadi sebuah alternatif liburan terbaik Antimainstream yang tidak akan mengecewakan Anda.
• Pesona Budaya Indramayu
Indramayu yang sebagian masyarakatnya merupakan percampuran antara suku Sunda dan Jawa ini ternyata tidak hanya memiliki keindahan dari segi alam, namun juga terkenal sebagai kota budaya. Anda dapat menemukan berbagai kesenian maupun tradisi lokal yang memiliki kearifan turun-temurun berikut ini:
  • Nadran – merupakan sebuah upacara yang dilakukan untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas karunia berupa tangkapan ikan melimpah serta perlindungan terhdap segala macam bahaya ketika mencari nafkah di lautan. Upacara ini dilaksanakan sekitar Oktober-Desember di Pantai Eretan, Karangsong, Limbangan, Ujung Gebang, Bugel, dan Dadap.
  • Ngarot – adalah upacara yang diselenggarakan setiap akan menggarap sawah setiap hari Rabu di minggu keempat November dengan peserta berupa pemuda dan pemudi yang memakai kostum gemerlap.
  • Jaringan – merupakan sebuah upacara remaja yang dilaksanakan pad amalam bulan purnama di desa Parean kecamatan Kandang Haur. Tujuan pelaksanaan upacara ini adalah sebagai jembatan bagi para remaja untuk mencari pasangan hidup.
  • Ngunjung – adalah sebuah tradisi syukuran yang dilaksanakan di pemakaman yang dianggap keramat setiap bulan syuro dalam penanggalan Jawa.
  • Mapag Tamba – adalah upacara untuk mengusir penyakit di sebuah desa
  • Mapag Sri – merupakan upacara syukuran atas tibanya masa panen yang dilakukan dnegan menggelar wayang kulit sehari semalam dengan lakon khusus.
  • Sedekah Bumi – adalah upacara di awal musim hujan (Oktober-Desember) yang dilaksanakan petani sebelum menggarap sawah.
Indramayu sebagai sebuah Kabupaten tidak hanya mengandalkan potensi wisata alam sebagai cara untuk menarik minat para wisatawan. Kota ini juga memiliki keunikan tradisi serta budaya leluhur yang terus dijaga dan dilestarikan dari masa ke masa antara satu generasi ke generasi lainnya. Jadi, Anda tidak perlu bingung mencari tempat wisata terbaik lagi ‘kan? Segera ke Indramayu dan rasakan sensasi liburan Antimainstream di kota budaya Indramayu.

0 komentar

Poskan Komentar