Selasa, 24 November 2015

6 Bahaya High Heels Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Main SEO - 6 Bahaya High Heels Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui, Banyak dari kaum wanita mengaku memakai high heels agar terlihat modis & gaya. padahal, sebuah penelitian menunjukkan adanya bahaya yg disebabkan karena menggunakan high heels.
6 Bahaya High Heels Bagi Kesehatan

Dikutip dari EzineArticles (14/8) sebuah studi di Australia menyebutkan adanya bahaya yg disebabkan menggunakan high heels.

Penelitian yg dilakukan oleh tim peneliti asal Australia ini melibatkan dua kelompok perempuan yg menggunakan high heels & tidak dalam kurun waktu 2 tahun. Hasilnya cukup mengejutkan, yakni pemakai high heels ditunjukkan adanya perbedaan otot pada bagian betis. Hal ini disebabkan otot betis berkontraksi & menyesuaikan sudut dari high heels. Akibatnya, otot menjadi lebih pendek & tegang. Hasil ini berbeda dgn wanita yg jarang menggunakan high heels.

Konsekuensinya, jika terjadi peregangan yg berlebihan pada bagian betis maka akan terjadi pemendekan otot pada betis. Seorang biomechanicts mengatakan bahwa wanita yg menggunakan high heels lebih memungkinkan terserang kejang otot. Selain itu, high heels juga akan membuat seorang wanita mudah cedera karena posisi sepatu yg tak seimbang.

Pemakaian sepatu berhak tinggi yg terus-menerus juga bisa meningkatkan risiko radang pada ibu jari, kerusakan tulang telapak kaki, & meningkatkan risiko jari yg melengkung. Hak yg terlalu tinggi juga membuat kaki merosot ke bagian depan sepatu karena beban tubuh tertumpu pada jari-jari kaki. Bila sepatu Anda model tertutup, jari-jari tentu akan sakit mengenai dinding sepatu.

Beberapa bagian dari tubuh Anda yg juga akan terserang:

1. Tumor jinak
Tinggi hak sepatu & bagian depan sepatu yg sempit bisa menimbulkan penebalan jaringan saraf antara jari ketiga & keempat, yg bisa menimbulkan rasa sakit & mati rasa pada jari.

2. Postur
High heels mendorong pusat massa pada tubuh ke depan, membuat pinggul & tulang belakang tidak lagi sejajar. Dari samping, tubuh akan terlihat melengkung.

3. Lutut
Postur yg dihasilkan saat berjalan dgn high heels menambah paksaan pada bagian belakang lutut, daerah umum dari osteoarthritis di antara wanita. Menurut sebuah studi, tekanan sendi lutut meningkat sebanyak 26 persen ketika wanita mengenakan high heels.
4. Betis
Otot betis berkontraksi & menyesuaikan sudut dari high heels. Akibatnya, otot menjadi lebih pendek & tegang.

5. Tekanan
High heels mungkin saja membuat kaki tampak lebih jenjang. Namun, semakin tinggi hak sepatu Anda, semakin tinggi pula tekanan pada kaki bagian depan (pada jari-jari). Saat Anda mengenakan sepatu berhak 2,5 cm, tekanan akan bertambah 22 persen, sedangkan sepatu berhak 7,5 cm akan menambah tekanan sebanyak 76 persen.

6. Achilles tendon
Ketika bagian depan kaki bergerak ke bawah sesuai arah haknya, urat keting akan menegang. Semakin tinggi haknya, semakin pendek uratnya, menciptakan sakit pada tumit.

Jadi masihkah anda ingin berlama-lama dgn sepatu high heels, Fikirkan?

0 komentar

Poskan Komentar